Cara Memilih Hosting Terbaik dan Harga Murah Untuk Website 2020

Dhimas.net – Berbicara mengenai website ataupun blog, tak lepas dari yang namanya hosting. Lalu apa itu hosting? Hosting adalah media penyimpanan data dan file yang dapat diakses melalui internet. Hosting bagi suatu website merupakan media yang penting, entah itu website bisnis, berita, sampai hobi. Karena suatu website ataupun blog memerlukan media penyimpanan data dan file yang disajikan dalam website atau blog tersebut. 

Tidak hanya website berbasis wordpress, CodeIgniter, html, PHP, maupun blogger sekalipun, hosting diperlukan untuk penyimpanan data dan file. Seperti halnya kita ingin menyimpan sebuah foto dalam HP atau komputer, kita memerlukan yang namanya media penyimpanan. Begitupun dengan website, media penyimpanan sangat begitu penting. 


Saat ini banyak provider hosting yang memberikan harga hosting yang cukup terjangkau. Ada juga provider yang menawarkan tarif hosting yang cukup mahal. Tetapi, dari harga yang ditawarkan apakah memenuhi untuk kriteria website yang berperforma bagus? Umumnya, hosting yang bagus akan dibanderol dengan harga yang cenderung tinggi atau mahal. Namun, harga hosting yang murahpun ada yang tidak kalah performanya dengan harga hosting yang mahal tersebut. Karena harga murah bukan berarti hosting murahan dan jelek, begitu sebaliknya yang mahal pun juga belum tentu memenuhi kebutuhan website yang akan dibangun atau dikembangkan.
Kesalahan dalam pemilihan hosting yang digunakan bisa berpengaruh pada kinerja atau performa website. Maka dari itu, kita harus berhati – hati dan cermat dalam pemilihan hosting yang akan digunakan untuk website kita. Apalagi website yang kita bangun bertujuan untuk keperluan bisnis, kita tidak bisa sembarangan memilih hosting. Dan kebanyakan orang masih kebingungan dalam memilih provider hosting terbaik untuk kemajuan websitenya. 
Untuk itu, artikel kali ini sengaja ditulis untuk membantu memecahkan masalah dalam pemilihan hosting yang bagus. Baca baik – baik sampai akhir artikel agar lebih paham dan tidak salah pilih provider.
7 Cara Memilih Hosting Terbaik dan Harga Murah Untuk Website 2020 :

1. Perhatikan tariff yang ditawarkan oleh provider
Setiap provider menyediakan beberapa paket hosting yang bisa kita pilih sesuai dengan budget atau kemampuan kita. Tak jarang provider hosting juga memberikan promo – promo menarik untuk keperluan website kita. 
Namun, jangan terburu – buru dalam membeli hosting. Jangan mudah tergiur dengan tawaran dan promo murah suatu hosting yang diberikan oleh suatu provider. Bandingkan antar paket hosting dan juga antar provider, untuk melihat berapa saja perbedaan harga dari paket yang ditawarkan tersebut.

2. Tentukan kapasitas penyimpanan 
Setelah memperhatikan tariff yang ditawarkan oleh provider hosting, tentukanlah kapasitas yang akan kita beli. Dalam penentuan kapasitas ini, kita perhatikan kebutuhan dari website yang akan kita bangun, apakah membutuhkan penyimpanan yang cukup besar ataukah tidak? Jangan sampai telah kita tentukan kapasitas, ternyata penyimpanannya kurang atau tidak cukup sehingga kita harus membeli tambahan kapasitas yang kadang harganya berlipat.
Jadi tentukan kapasitas penyimpanan yang akan digunakan untuk website kita. Karena terkadang, paket kapasitas hosting memiliki selisih harga tidak begitu jauh alias lebih murah dari pada kita harus upgrade kapasitas.
 
3. Tentukan kapasitas bandwidth
Penentuan kapasitas penyimpanan di beberapa provider, juga menentukan kapasitas bandwidth yang diberikan. Bandwidth diperlukan untuk kelancaran mengakses informasi pada website. Ketika banyak pengunjung, website hosting buruk akan mengalami kendala, biasanya website menjadi lemot karena bandwidth tidak bisa menampung jumlah jalur atau traffic yang dilalui oleh pengunjung. Pilih provider yang memberikan bandwidth cukup besar atau banyak atau bahkan tidak di batasi. Sehingga kelancaran website anda tetap terjaga.
Beberapa provider hosting yang tidak membatasi bandwidth dari paket hostingnya adalah 
  • Domainesia
  • IDWebHost
  • NiagaHoster
Saya merekomendasikan provider tersebut karena memberikan kapasitas bandwidth yang tidak dibagasi.

4. Tentukan Tipe – tipe Hosting
Apa tujuan anda membuat website? Jangan sampai kita salah dalam memilih tipe hosting yang tidak sesuai dengan tipe hosting yang kita gunakan. TIpe – tipe hosting ini meningkatkan performa dari website yang kita miliki jika sesuai dengan tujuan dari website yang kita bangun. Lalu apa saja tipe – tipe hosting itu?
  1. Hosting gratis ( Free Blog Hosting ), Hosting ini didapatkan saat kita membuat blog, seperti blogger.com/blogspot.com ataupun wordpress.com atau yang blog gratis lainnya.
  2. Shared Hosting, merupakan yang digunakan untuk berbagi sumber daya dari satu server tertentu untuk bisa diakses secara online. Tipe hosting ini merupakan tipe hosting berbayar yang cukup murah. Karena hosting dibagi untuk beberapa situs website. Jadi apabila salah satu situs website berlebih dalam penggunaan sumber daya maka situs website lain akan terganggu.
  3. Virtual Private Server (VPS)Seperti Shared Hosting, VPS juga digunakan untuk berbagi sumber daya dari satu server, hanya bedanya disini tidak akan mempengaruhi situs lain yang dalam satu server yang sama, perbedaan lain adalah di segi harga dari VPS cenderung lebih mahal dari shared hosting.
  4. Dedicated Servermerupakan tingkat tertinggi dari suatu hosting website. Dedicated servier dibutuhkan oleh suatu situs website yang popular, mempunyai traffic tinggi, dan sangat besar serta mempunyai banyak konten (gambar, video, music atau audio, dll). Pada dasarnya, pada server tipe ini pemilik website menyewa server sendiri untuk keperluan websitenya. Harganyapun dibilang sangat mahal karena server dimiliki sendiri.
Tentukan server berdasarkan tujuan dari dibangunnya website. Hal itu bertujuan untuk kelancaran website, selain itu juga agar budget bisa dikendalikan sesuai kebutuhan. Tapi tidak salah juga apabila hanya untuk menyalurkan hobi tetapi memilih tipe Dedicated Server. 

5. Lihat kualitas servernya
Pernahkah anda merasakan bahwa suatu website itu lola alias loading lama? Pada dasarnya, hal yang menyebabkan website tersebut menjadi lola adalah kualitas server yang begitu mempengaruhi performa dari website. Lalu bagaimana cara mengetahui parameter kualitas dari server hosting?
Caranya adalah dengan memperhatikan letak lokasi server itu berada. Apakah server berada di Indonesia, Singapura, Perancis, Amerika, atau tempat lainnya. Untuk penentuan ini, lihat target pasar dari website yang dibangun. Apabila pasar website ada adalah di Indonesia, maka carilah atau pilihlah server yang terdekat dari paket provider hosting yang anda pilih.
Selain lokasi server, perhatikan juga RAM dan kapasitas kecepatan jaringan, karena hal ini juga dapat mempengaruhi kecepatan loading suatu website.

6. Perhatikan sistem keamanannya
Hosting provider yang bagus adalah yang memberikan jaminan keamanan kepada pelanggannya terhadap serangan dari hacker. Namun selain dari segi provider, dari segi pelanggan juga memperhatikan beberapa cara untuk menjaga sistem keamannya, yaitu :
  • Membuat kata sandi yang rumit
  • Mengaktifkan firewall hosting.
  • Menggunakan versi terupdate dari platform
  • Menggunakan plugin resmi dan original
  • Menggunakan Cloudflare
7. Layanan Support Pelanggan
Tidak bisa dipungkiri, website dan hosting merupakan buatan manusia yang tidak luput dari masalah sekalipun kita telah mencoba meminimalisir agar masalah tidak muncul di website kita. Bisa jadi masalah muncul tanpa kita ketahui apa penyebabnya. Oleh sebab itu, kita memerlukan layanan support pelanggan yang siap menjawab pertanyaan kita kapanpun guna menyelesaikan masalah pada website kita. Jangan sampai, saat website kita terjadi masalah Support Pelanggan tidak aktif atau tidak bisa segera membantu menangani masalah pada website kita. 

Diatas telah saya ulas Cara Memilih Hosting Terbaik dan Harga Murah Untuk Website, semoga bisa mengurangi kebingunan sobat sekalian dalam memilih hosting untuk website. Sekian dari saya untuk artikel kali ini, kita lanjutkan artikel berikutnya.
Terima kasih telah berkenan membaca, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memilih Hosting Terbaik dan Harga Murah Untuk Website 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel