Apa Itu SEO?

SEO itu apa? Ya, bagi mereka yang baru membuat sebuah web blog dengan kata lain yang baru terjun di dunia blogging dan website pasti bertanya – tanya akan hal yang satu ini. Apa itu SEO? Caranya bagaimana? Apa pengaruhnya terhadap web blog yang sedang dibuat? Dan pertanyaan lain yang berkaitan dengan SEO itu sendiri pasti pernah terbesit di pikiran kita sebagai pemula. 

Dunia website dan blog tak terlepas dari yang namanya SEO, alasannya adalah dengan SEO ini website ataupun blog akan mudah ditemukan oleh mesin pencari, karena mendapatkan peringkat yang tinggi dihasil pencarian pengguna internet. Seperti yang sedang anda lakukan saat ini, jika anda sedang mencari informasi apa itu SEO, cara kerjanya bagaimana, indikator utama SEO, jenis metode SEO, dan apa manfaat dari SEO untuk website atau blog yang sedang anda bangun, anda sedang dalam artikel yang tepat. Karena artikel kali ini akan membahas informasi terkait SEO. 

Apa Itu SEO?

Sebelum membahas lebih dalam terkait SEO, akan diulas apa arti dari SEO itu sendiri. SEO ialah sebuah singkatan dalam Bahasa Inggris yaitu Search Engine Optimization, jika diartikan dalam Bahasa Indonesia merupakan optimasi mesin pencari. SEO adalah sebuah proses atau upaya dalam memaksimalkan sebuah website atau blog di mesin pencari. Hal ini bertujuan agar website atau blog yang anda miliki agar mendapatkan halaman pertama di mesin pencari sehingga diharapkan akan berdampak meningkatnya lalu lintas atau traffic jumlah pengunjung pada website atau blog anda. Dengan teknik SEO yang tepat, website atau blog anda akan mendapatkan lalu lintas organik atau alami dari mesin pencari. 

Cara Kerja SEO

Seperti yang telah dijelaskan diatas, Search Engine Optimization sebuah proses mengoptimasi website atau blog di mesin pencari agar mendapatkan halaman pertama di mesin pencari. Mesin pencari menggunakan algoritma tertentu dalam proses mengurutkan website atau blog berdasarkan dari peringkat. Maka dari itu, kita perlu mengetahui bagaimana cara kerja SEO :

1. Crawling

Proses tahapan awal kerja dari search Engine Optimization adalah CCrawling atau perayapan. Pada tahapan ini, mesin pencari melakukan pengumpulan-pengumpulan informasi dari semua halaman dari suatu website yang terhubung pada website tersebut. 

2. Indexing

Tahapan kedua adalah indexing. Pada tahapan ini mesin pencari melakukan identifikasi dari kata – kata dan tulisan yang menjadikan suatu website itu masuk dalam database mesin pencari berdasarkan keyword atau kata kunci tertentu. Proses ini merupakan lanjutan dari proses Crawling. Jadi setelah dilakukan crawling, web crawler akan mengumpulkan berbagai informasi dab menyimpannya ke dalam database entry list index. Jadi, antara proses Crawling dan Indexing pada proses search Engine Optimization tidak dapan dipisahkan. 

3. Processing

Pada tahapan ini, adalah proses dimana mesin pencari menerima permintaan pencarian dari user berdasarkan keyword yang diberikan. Sebagai contoh, apabila user mengiriman permintaan dengan keyword “Apa itu SEO” pada mesin pencari, maka mesin pencari akan melakukan sebuah proses membandingkan berdasarkan keyword dari semua website yang telah terindex oleh mesinpencari

4. Calculating Relevancy

Pada proses ini, mesin pencari melakukan proses penghitungan relevansi atau keterkaitan dari setiap halaman website atau blog yang telah terindex oleh mesin pencari untuk setiap kata kunci atau keyword yang diterima oleh mesin pencari. 

5. Retrieving Result

Proses terakhir adalah, Retrieving Result yaitu mesi pencari akan mengambil hasil yang paling relevan dari keyword atau kata kunci yang telah diproses sebelumnya. Lalu mesin pencari akan menampilkan berbagai hasil yang telah diambil berdasarkan kata kunci atau keyword yang paling relevan. Pada proses ini, hasil ditampilkan mulai yang paling relevan hingga yang tingkat relevansinya rendah. 

Indikator Utama

Seperti halnya algoritma Google yang mana selalu berubah atau diupdate, indikator utama dari SEO pun juga akan selalu berubah. Namun, indikator – indikator yang mempengaruhi cara kerja dari SEO adalah :

  1. Struktur URL dimana website dengan mudah dikenali oleh mesin pencari
  2. SSL atau TLS adalah proses peng-enkripsi-an suatu transfer data yang aman
  3. Topik atau konten, pastinya setiap website yang dilakukan proses SEO tentunya harus memiliki konten utama yang saling terhubung
  4. Search Intent : hasil pencarian terhadap kata kunci yang diberikan oleh user yang bergantung pada maksud dari user, apakah mencari produk untuk dibeli atau hanya sekedar mencari informasi lengkap
  5. Struktur Konten : indikator ini mengharuskan suatu konten itu mudah dipahami
  6. Meta Tags, indikator dimana Google dibantu dalam memahami keeluruhan konten di website atau blog anda
  7. Backlink (silakan baca artikel saya sebelumnya tentang Apa itu backlink? Seberapa Penting Backlink Bagi Website Kita?
  8. Website Speed : hal yang juga vital dalam proses SEO adalah kecepatan loading website anda. Jadi penting untuk anda perhatikan.

Jenis Optimasi

Jenis Optimasi terbagi menjadi dua yang dari dahulu sudah dikenal, yaitu  On Page dan Off Page.

  • On Page 

Merupakan optimasi dari dalam website itu sendiri. Seperti Judul konten, Struktur Konten, Heading, Website Speed, internal link, template website yang responsive, heading, hingga permalink.

  • Off Page

Merupakan proses optimasi yang dilakukan dari luar website, seperti backlink dan inbound link. Namun disamping itu, semakin banyak situs yang menilai website anda sebagai website yang kredibel, maka peringkat website anda pun akan ikut naik.

Metode

Ada dua metode proses dari search engine optimization ini, yaitu 

  • Black Hat

Merupakan cara kasar dan memaksa mesinpencari untuk meingkatkan peringkat situs anda. Biasanya proses ini dilakuka dengan cara memasang kata kunci yang berlebih, mengumpulkan link yang aktif pada suatu halaman. 

  • White Hat

Merupakan cara yang sesuai dengan aturan atau algoritma dari mesin pencari 

Manfaat

Dengan mempraktekkan SEO pada website atau blog ada, membuat website atau blog anda bisa tampil di halaman utama mesn pencari, sehingga bisa meningkatkan traffic website anda dan tertarget. Selain itu, juga anda akan mendapatkan CTR, lebih kompetitif, dan masih banyak lagi manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mempraktekkan SEO pada website atau blog anda.

Demikian penjelasan singkat dari Apa itu SEO. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mempelajari tingkat dasar untuk mempraktekan SEO pada website atau blog anda. Terima kasih telah berkunjung.  


Belum ada Komentar untuk "Apa Itu SEO?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel