Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page

 

Apa perbedaan SEO On Page dan Off Page

Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page? 

Setelah tahu sedikit mengenai SEO yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, pada kesempatan kali ini akan kita bahas mengenai SEO On Page dan SEO Off Page. 

Sebelum masuk ke pembahasan artikel, sedikit ulasan lagi mengenai artikel sebelumnya, bahwa SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yaitu suatu teknik yang digunakan untuk memaksimalkan suatu website di mesin pencari yang bertujuan untuk mendapatkan peringkat pertama atau halaman pertama di mesin pencari dan meningkatkan traffic pada website yang kita miliki. 

Pada artikel sebelumnya yang berjudul Apa itu SEO juga telah dibahas mengenai cara kerja dari SEO, indikator utama SEO, ,etode, jenis optimasi, dan juga manfaat dari SEO untuk website atau blog yang kita miliki. Pada artkel kali ini, akan dibahas mengenai jenis optimasi.

Seperti telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, bahwa terdapat dua jenis optimasi SEO untuk website atau blog yang kita miliki, yaitu optimasi On Page dan optimasi Off Page. 

SEO On Page adalah teknik optimasi dari dalam website itu sendiri, dengan memaksimalkan apa yang ada di dalam website atau blog tersebut.

SEO Off Page adalah teknik optimasi yang berasaldari luar website atau blog seperti penggunaan backlink ataupun inbound link dari website atau blog lain.

Kedua jenis optimasi tersebut mempunyai tujuan dan manfaat yang sama untuk website atau blog yang kita miliki, yaitu untuk mendapatkan halaman pertama di mesin pencari sehingga meningkatkan traffic dan CTR. Lalu dimana letak perbedaan kedua jenis optimasi tersebut? 

Perbedaan optimasi on page dan off page sebenarnya terletak pada komponen optimasi. Komponen - komponen inilah yang nantinya akan memberikan dampak positif untuk website atau blog kita. Lalu apa saja komponen - komponen itu? simak penjelasannya secara cermat.

Komponen SEO On Page

Komponen yang dapat mempengaruhi peringkat website atau blog di mesin pencari, antara lain :

Konten Halaman

Tentunya tugas bagi seorang web blogger adalah menyajikan konten di halaman web blognya. Konten yang disajikan haruslah yang bermanfaat bagi pengunjung website atau blog. Hal tersebut bertujuan agar saat pengunjung mencari topik atau informasi yang relevan, website atau blog anda berada pada urutan yang pertama di halaman mesin pencari. 
Dalam penyajian konten atau artikel pada website atau blog anda, usahakan anda menuliskan 500 kata pada setiap halamannya. Dalam penulisan konten tersebut, tempatkan keyword atau kata kunci pada bagian judul artikel, pada awal paragraf, tengah paragraf, dan juga pada akhir paragraf secara alami. 

Heading 

Selain konten halaman atau artikel, heading atau judul juga mempengaruhi dalam teknik SEO On Page ini. Pada umumnya, judul konten memiliki ukuran huruf yang lebih besar dibandingkan isi dari kontennya dan bagian lainnya. Judul konten memiliki peran yang besar dalam teknik SEO On Page dibandingkan isi kontennya. Oleh karena itu, tempatkan kata kunci pada Judul konten secara alami,
Heading Perbedaan SEO On Page dan Off Page
Pada umumnya, konten memiliki lebih dari satu judul, yang terbagi menjadi judul utama atau H1, judul 2 atau H2, judul 3 atau H3. Yang perlu diperhatikan adalah, setiap konten hanya memiliki satu judul utama atau H1, sedangkan untuk yang lainnya bisa dijadikan menjadi H2, dan lainnya.

Struktur URL

Sebuah website bisa diibaratkan adalah sebuah tempat atau rumah yang dikunjungi, maka sebuah URL atau Uniform Resource Locator adalah alamat tempat atau rumah yang dikunjungi tersebut. Dalam teknik SEO On Page, terapkan keyword atau kata kunci pada struktur URL ini sebelum konten yang anda buat dipublikasikan. 
Struktur URL Perbedaan SEO On Page dan Off Page
Penerapan keyword atau kata kunci pada struktur URL ini bertujuan agar Google mudah mengenal dan menemukan website atau blog anda, sehingga bisa tampil di halaman pertama mesin pencari

Website Speed atau Page Speed

Page Speed atau Website Speed merupakan kecepatan loading suatu website atau blog. Komponen ini berpengaruh pada kecepatan Google dalam membantu penggunanya menemukan dan mengakses halaman yang dicari. Website atau blog anda akan berpeluang menduduki halaman pertama di mesin pencari apabila optimasi pada page speed atau website speed anda lakukan secara optimal.
Untuk mengetahui nilai Page Speed pada website agau blog, anda bisa menggunakan layanan dari Google untuk menganalisanya. Caranya cukup mudah, anda mengunjungi Google Pagespeed Insight lalu anda masukkan alamat website atau blog anda, dan klik analyze. Tunggu analisa dari Google selesai, dan anda akan mengetahui berapa nilai page speed website atau blog anda. 

Internal Link

Merupakan sebuah link yang ditautkan pada suatu halaman konten yang ditujukan ke halaman konten lain yang relevan. Meskipun terlihat sederhana dan sepele, teknik ini dapat meningkatkan ranking website atau blog anda di mesin pencari. 

Alt Text pada Gambar

Merupakan teks alternatif pada gambar. Teknik ini bertujuan membantu pembaca tunanetra untuk memahami konten pada website anda. Masukkan kata kunci atau keyword yang relevan di Alt Text gambar, lalu berikan penjelasan terkait gambar agar untuk membantu Google menemukan blog anda. 

Mobile Friendly 

Penjelajah internet bukan hanya dari pengguna komputer saja, tetapi juga dari perangkat seluler. Apalagi dewasa ini, perangkat seluler semakin canggih, murah, dan mudah didapatkan. Jadi semakin mudah orang akan berselancar mencari informasi di mesin pencari Google hanya dengan menggunakan perangkat seluler. Jadi, pastikan situs anda merupakan situs yang mobile friendly untuk pengunjung. 

Komponen SEO Off Page

Tidak berbeda dengan SEO On Page, pada teknik SEO Off Page juga memiliki komponen yang juga harus anda lakukan untuk mendapatkan halaman pertama dimesin pencari. Komponen SEO Off Page antara lain : 

Backlink

Seperti komponen SEO On Page yang menerapkan internal link, pada komponen SEO Off page juga menerapkan yang biasa disebut dengan backlink. Backlink merupakan tautan yang berasal dari situs website lain yang mengarah ke website atau blog anda. Silahkan anda kunjungi artikel Apa itu backlink? Seberapa Penting Backlink Bagi Website Kita? untuk mendapatkan informasi terkait backlink.

Domain Authority (DA)

Domain Authority atau biasan disingkat DA adalah metrik sebuah website yang merupakan suatu ukuran kepercayaan sebuah website atau blog. Domain Authority mempengaruhi tingkat kredibilitas website atau blog anda di mesin pencari Google. 
Beberapa pihak ketiga atau third party yang mengeluarkan domain authority yang mempunyai algoritma masing-masing, adalah MOZ, Ahref, dan lain sebagainya. 

Iklan 

Salah satu komponen dalam SEO Off Page adalah dengan memasang iklan, baik di Google Ads, maupun di media sosial seperti facebook. Dengan pemasangan iklan, meningkatkan traffic, peringkat, serta kredibilitas website anda di mesin pencari. Namun, komponen yang satu ini anda harus mengeluarkan uang untuk memsang iklan website anda.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan diatas, tidak ada perbedaan yang pasti terkait perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page karena kedua teknik ini memiliki peran masing-masing dan memiliki keunggulan masing-masing. Namun, sebelum anda menerapkan SEO Off Page disarankan untuk memperbaiki terlebih dahulu pada SEO On Page website anda, karena SEO On Page ikut andil lebih besar dari pada SEO Off Page dalam menentukan halaman pertama di mesin pencari. 

Demikian penjelasan singkat terkait perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page. Semoga bermanfaat untuk anda mendapatkan halaman pertama di mesin pencari Google. 

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel