Keyword : Pengertian, Fungsi, Jenis-jenis

Dalam dunia blogging, seorang blogger pastinya sudah familiar dengan istilah keyword atau dalam Bahasa Indonesia memiliki arti kata kunci. Keyword sangat penting dan berguna untuk meningkatkan peringkat suatu website atau blog di halaman mesin pencari. Proses meningkatkan peringkat ini biasa disebut Search Engine Optimization atau SEO. Silahkan kunjungi artikel Apa Itu SEO untuk mempelajari dasar dari SEO.

Pada kesempatan artikel kali ini, saya akan menjelaskan sedikit mengenai Keyword mulai dari pengertiannya, fungsi, hingga jenis-jenis keyword dalam dunia blogging. 

Keyword : Pengertian, Fungsi, Jenis-jenisnya

Setiap kali akan menulis artikel dalam blog, kemampuan dalam memilih keyword yang tepat dapat memberikan efek yang besar untuk mendatangkan pengunujung secara organik dari mesin pencari. Oleh karena itu, ada istilah yang namanya adalah "Riset Keyword". Pada dasarnya, riset keyword ditujukan untuk mencari serta membidik keyword yang sesuai agar artikel yang kita tuliskan bisa memenangkan peringkat di halaman pertama di mesin pencari.

Untuk memulai dalam bermain dengan keyword agar blog kita bisa memenangkan persaingan di mesin pencari, maka kita perlu mengetahui terlebih dulu tentang beberapa hal berikut :

  • Pengertian Keyword
  • Fungsi Keyword
  • Jenis-jenis keyword

Pengertian Keyword

Mungkin sebagian dari kita sudah tidak asing lagi mendengar yang namanya keyword, bahkan juga sudah menggunakannya sebagai istilah dalam keseharian. Namun, apakah keyword itu sekedar kata kunci semata atau juga memiliki pengertian lain?

Keyword atau kata kunci adalah suatu kata atau kalimat yang digunakan oleh seseorang saat sedang melakukan pencarian suatu informasi yang dibutuhkan. Jadi tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari keyword itu digunakan, tetapi dalam mesin pencaripun keyword juga digunakan untuk menemukan informasi yang sedang dicari. Di mesin pencari, semua kata dalam keyword disimpan dan digunakan oleh mesin pencari untuk menganalisa kebutuhan dari penggunanya. 

Dari pengertian tersebut bisa kita simpulkan bahwa kita tidak bisa sembarangan dalam menentukan suatu keyword. Karena keyword bukan serta merta untuk memenuhi susunan kata yang kemungkinan masuk dalam database mesin pencari, tetapi juga untuk menargetkan dengan benar dan tepat sasarn sehingga bisa memenangkan peringkat di mesin pencari.

Fungsi Keyword

Ketika kita sedanga dalam proses membangun suatu website atau blog, peran keyword mempunyai peranan yang begitu penting. Terlebih, saat ini dalam dunia wesite dan blogging sudah berbasis SEO, peran keyword menjadi sangat penting bagi seorang penerbit artikel untuk memahami keyword yang ada di dalam artikelnya.

Sebagian orang menyebutkan bahwa konten yang berkualias itu adalah yang terpenting bukan strategi SEO, pernyataan itu ada benarnya juga. Tetapi jika kita bisa mengkombinasikan suatu konten yang memiliki kualitas bagus dengan strategi SEO yang tepat, maka akan bisa jadi lebih bermanfaat untuk orang lain dan juga untuk peringkat website atau blog kita. Mengapa demikian? Karena mesin penari akan jauh lebih mudah dalam menemukan artikel yang telah kita publikasikan di blog kita sehingga cepat ditemukan dan dibaca oleh pencari informasi. Untuk lebih lengkat mengenahi fungsi dari keyword, mari kita ulas :

  1. Bagi Mesin Pencari : suatu kata kunci atau keyword yang tepat akan memudahkan mesin pencari dalam menemukan dan menyajikan informasi yang relevan dengan yang dibutuhkan penggunanya.
  2. Bagi Blogger : Dengan keyword yang tepat serta tertarget, akan membuat membuat artikel yang telah kita publikasikan berada di halaman pertama dari mesin pencari. Suatu pencapaian yang hebat jika artikel yang telah kita publikasikan memenangkan peringkat di mesin pencari, sehingga kita bisa semakin bersemangat dalam menuliskan konten - konten yang berkualitas lainnya untuk kita publikasikan di blog kita.
  3. Bagi Blog : Suatu blog yang dikelola oleh blogger yang berpengalaman, blog tersebut berkemungkinan besar akan mendapatkan peringkat atas alias memenangkan peringkat di mesin pencari. Dengan konten atau artikel yang berkualitas serta didukung oleh strategi SEO dengan kata kunci yang tertarget akan membuat blog kita betah dan bertahan di peringkat atas di mesin pencari. 

Dengan artikel berkualitas dan menerapkan strategi SEO yang tepat, blog yang seperti itu bisa bertahan lama sehingga berkemungkinan akan menjadi terkenal. Bahkan jika penulis blog mampu membuat blognya berada di halaman pertama untuk setiap kata kunci yang digunakannya, bukan tidak mungkin lagi jika blog tersebut akan mempunyai nilai yang tinggi, sehingga bisa menghasilkan pundi-pundi uang untuk kita dan ratting blog yang kita miliki akan terus meningkat. 

Jenis-jenis Keyword

Keyword memiliki banyak jenis yang sesuai dengan strategi dan peruntukannya. Ketika kita sebagai seorang blogger atau penerbit konten sudah memahami betapa pentingnya dalam penggunaan kata kunci, maka kita akan lebih memilih penggunaan yang paling tepat berdasarkan jenis kata kunci yang sesuai dengan konten kita. 

Untuk lebih mengenal keyword, mari kita ulas beberapa jenis-jenis kata kunci tersebut berserta kelebihan dan kekurangannya :

1. Keyword berdasrkan susunan kata

Berdasarkan jumlah kata, jenis keyord dibagi menjadi dua, yaitu :

  • Short Tail Keyword : adalah kata kunci dengan susunan kata pendek atau bahkan hanya satu kata saja. Maksimal jumlah kata kunci ini ada dua kata saja, contonya : Rumah dijual, Rumah Murah, Tutorial Blog, Spesifikasi HP, dan lainya.

Kelebihan : tingkat pencariannya sangat tinggi

Kekurangan : Karena tingkat pencairan yang sangat tinggi menyebabkan persaingan menjadi sangat ketat yang menyebabkan kemungkinan untuk bisa tampil di halaman pertama mesin pencari menjadi kecil, karena hasil yang diberikan kurang relevan dengan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna.

  • - Long Tail Keyword : Jenis kata kunci yang menyempurnakan kata kunci Short Tail. Jenis ini menambahkan beberapa kata yang saling berkaitan namun tetap mudah di baca. Jenis keyword ini sangat bagus dan direkomendasikan memenangkan persaingan, terlebih untuk blogger pemula. Contohnya : Rumah Murah Dijual Di Kota Yogyakarta, Tutorial Membuat Blog dengan Blogger, Spesifikasi HP Android Samsung

Kelebihan : Bisa menargetkan lebih dari satu keyword sekaligus, sehingga kemungkinan besar berpeluang untuk muncul dibanyak kata kunci yang berbeda. 

Kekurangan : Bisa terlihat aneh jika diterapkan oleh blogger pemula

2. Keyword Berdasrkan Waktu

Maksud dari keyword berdasarkan waktu adalah keyword yang memiliki dampak trafik berdasarkan waktu tertentu. Keyword jenis inipun terbagi menjadi dua, yaitu :

  • Keyword Abadi : Keyword yang tidak akan habis dan tidak akan termakan oleh waktu dan perubahan jaman. Biasanya jenis keyword ini tetap bisa bertahan dari waktu ke waktu dan tetap bisa mendatangkan trafik walaupun sudah lama dipublikasikan. Contohnya : Obat Panu Alami, Tips Menurunkan Berat Badan Alami, Cara Mengobati Rambut Rontok.

  • Keyword Musiman : Jenis keyword ini berbanding terbalik dengan jenis keyword Abadi. Jenis keyword ini mendapatkan trafik tinggi tetapi hanya singkat waktu saja. Jenis keyword ini biasa digunakan untuk artikel yang terupdate, yang sedang tren, populer, dan menjadi trending pada saat itu saja. Contoh : hasil pertandingan liga inggris 2021, Juara liga champion 2017. 

3. Keyword Berdasarkan Pengunjung

Keyword ini dibuat berdasarkan tingkat kebutuhan dari user dan dampak manfaatnya bagi user itu sendiri. Ada dua jenis keyword ini :

  • Keyword Umum : Keyword yang dapat dijangkau oleh semua orang. Konten yang dipublikasikan mendapatkan trafik dari berbagai pengguna. Contohnya : Cara Meningkatkan Kecepatan Internet, Cara Mudah dan Cepat Mengobati Sakit Kepala. 
  • Keyword Khusus :Jenis keyword ini menargetkan pengunjung khusus, berbeda dengan keyword Umum. Informasi pada keyword khusus ini hanya dibutuhkan oleh pengguna khusus juga. Contohnya : Cara meningkatkan penghasilan di Google Adsense, Cara memperbaiki komputer.

Kesimpulan 

Keyword mempunyai peranan penting pada blog kita dalam mendapatkan peringkat pertama di mesin pencari. Ketika kita membuat artikel yang berkualitas dengan diimbangi strategi SEO yang tepat dan tertarget, kita bisa memenangkan persaingan konten artikel di mesin pencari. 

Demikian artikel tentang Keyword : Pengertian, Fungsi, Jenis-jenis yang bisa kita praktikkan pada blog kita. Semoga sedikit pembahasan ini bisa bermanfaat untuk kita semua sukses dalam dunia blogging. Salam Blogging

Belum ada Komentar untuk "Keyword : Pengertian, Fungsi, Jenis-jenis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel