7 Tips Memilih Nama Domain

Tips Memilih Nama Domain -  Saat ini, siapa saja dapat mengakses internet dan mencari informasi yang dibutuhkannya melalui internet. Para pengguna internet biasanya akan menghapalkan situs-situs mana saja yang bisa membuat mereka puas akan informasi yang didapatkannya, dengan begitu mereka akan kembali kapan saja ketika membutuhkan informasi kembali.

Sebagai contoh, banyak yang mengakses blog dhimas.net ini guna mendapatkan informasi terkait website, mulai dari cara membuat blog hingga cara SEO untuk Website mereka agar bisa dengan mudah ditemukan di mesin pencari. Mereka (mungkin nanti termasuk anda) akan menjadikan blog saya ini menjadi referensi untuk pengembangan situs yang dibangunnya. 

Dalam pembuatan sebuah website seperti dhimas.net ini, tidak hanya artikel yang berkualitas saja yang dibutuhkan, bukan hanya pengembangan SEO saja yang diterapkan, namun ada satu hal yang juga begitu penting dan tidak bisa digantikan dengan yang lain, yaitu pemilihan nama website. 

Sebenarnya anda bebas dalam memilih nama domain, baik untuk organisasi, bisnis, atau sebagai identitasmu. Namun, terkadang bagi sebagian orang akan memakan banyak waktu dalam memilih nama domain yang unik, nama domain yang bagus, nama domain yang mudah diingat. Tidaklah heran, karena memang nanti nama domain tersebut bakal jadi identitas di internet.

Baca juga : 7 Kesalahan Blogger Pemula

Maka akan lebih baik, jika kita memastikan kembali dalam memilih nama domain yang tepat untuk kita gunakan sebagai identitas digital kita. Nah, berikut ini akan kita bahas Tips Memilih Nama Domain Yang Tepat, Unik, Bagus, dan Mudah Diingat. Harap baca sampai habis agar tidak salah dalam memilih nama domain nantinya.

10 Tips Memilih Nama Domain

Berikut ini adalah tips memilih nama domain untuk website yang akan kamu bangun : 

1. Nama Domain yang Unik, Brandable dan Kreatif

Seperti yang telah diulas sebelumnya diatas, nama domain akan menjadi identitas website kamu di internet. Dengan menggunakan nama domain yang unik, brandable dan kreatif, akan memudahkan kamu dalam membrandingnya nanti. Karena saking unik dan kreatifnya nama domain kamu nantinya bisa kemungkinan terus dicari, diingat, dan bahkan disebarkan oleh pengunjung setia websitemu

Bikin nama domain kamu juga brandable atau bisa membranding atau pencitraan dari dirimu atau organisasi atau bisnismu sebagai identitas di internet. Jadi, buat nama domainmu dengan nama yang unik, nama yang kreatif, dan brandable.

2. Nama Domain Mudah Diketik dan Mudah Diingat

Buat nama domain kamu tidak sulit diketik, dengan tidak terlepas dari poin pertama diatas yaitu nama domain yang unik, brandable, dan kreatif. Maksud dari tidak sulit diketik disini adalah penulisan nama domain menghindari karakter-karakter yang menyulitkan untuk diingat dan diketik. 

Buatlah nama domain dengan memperhatikan faktor-faktornya berikut ini :

  • Hindari penggunaan angka. (contoh: dhimas01805906.net)
  • Hindari simbol yang tidak jelas (contoh: dhi-mas.net, dhi~mas.net, dll)
  • Hindari penggunaan kata yang sulit untuk diketik
  • Hindari penggunaan nama domain yang terlalu panjang (contoh: blogmilikdhimasorangnyaganteng.net)
  • Hindari penggunaan huruf ganda secara berlebihan (Contoh:dhiiimas.net, dhhhimas.net, dhimmmmas.net)

3. Nama Domain yang Singkat

Berkaitan dengan nomor dua diatas, buatlah nama domainmu dengan nama yang singkat, jangan terlalu panjang. Tidak semua orang bisa mengingat atau mengenali nama websitemu. Mungkin juga mereka kesulitan dalam mengeja dan mengetik nama websitemu. 

Nama domain yang bagus adalah yang memiliki nama yang pendek. Jadi ketika kamu hendak memilik nama domain yang usahakan tidak melebihi 12 huruf, agar bisa memudahkan pengunjung untuk mengingatnya serta kembali ke website kamu. Sebagai contoh domain blog saya ini hanya berjumlah 6 huruf saja.

4. Nama domain dengan Kata Kunci 

Jika website yang kamu buat bertujuan untuk bisnis, buatlah nama website dengan jasa atau pelayanan yang kamu tawarkan di bisnismu. Misalkan kamu ingin membuat website tentang resep, kamu bisa menggunakan nama resepmasakan.com, atau jika kamu mempunyai sebuah usaha (misalkan) dibidang cetak undangan pernikahan, kamu bisa membuat nama websitemu dengan kata kunci cetak undangan atau pernikahan seperti cetakundangan.com atau nikahan.net.

Dengan begitu, setiap pencarian dengan kata kunci resep masakan, cetak undangan, undangan nikahan, website kamu bisa ditemukan oleh mesin pencari, atau bahkan bisa berada di halaman pertama mesin pencari

Penggunaan nama domain sesuai kata kunci atau topik bahasan di website, akan memudahkan kamu dalam menerapkan teknik SEO, karena secara otomatis nama domain kamu sudah SEO friendly.

Baca Juga : Apa itu SEO? 

Baca Juga : Perbedaan SEO On Page dan Off Page

5. Nama Domain dengan TLD yang Umum

TLD merupakan singkatan dari Top Level Domain, yang mana nama website kamu menggunakan ekstensi website pada umumnya, misalkan .com, .net, .co.id dan lain sebagainya. 

Kamu harus memperhatikan ekstensi TLD untuk situs kamu ketika kamu hendak membuat website. Usahakan ekstensi domain yang akan kamu gunakan adalah .com, karena banyak orang awam yang gagap teknologi (gaptek) hanya mengetahui ekstensi tersebut. 

Baca juga : 6 Alasan Website Harus Menggunakan Domain TLD

Seandainya di ekstensi tersebut kamu kurang cocok, kamu bisa beralih ke alternatif lain seperti ekstensi .net, ekstensi co.id, my..id, .me, dan yang lain yg umum digunakan.. 

6. Hindari Nama Domain Yang Buruk

Maksud dari nama domain yang buruk disini adalah domain yang menggunakan SARA dan P*rnografi. Karena nama domain yang mengandung dua unsur tersebut berkemungkinan besar akan di blacklist oleh mesin pencari, dan juga citra kamu di internet bisa buruk juga.

7. Nama Domain Baru vs Bekas

Sebelum kamu membeli domain, kamu juga harus memperhatikan apakah domain tersebut bekas atau baru pertama kali akan digunakan. Karena, banyak faktor yang harus dipertimbangkan jika kamu membeli domain bekas, namun jika kamu membeli domain fresh kamu bisa membrandingnya dari nol.

Baca juga : Tips Mencari Expired Domain Berkualitas

Kesimpulan 

Dalam memilih nama domain memang harus memperhatikan banyak faktor diatas, yang lebih terpenting nantinya adalah konten yang kamu publikasikan merupakan konten yang berkualitas, selain itu teknik SEO yang tepat juga akan menentukan sedikit banyak pengunjung di website anda. 

Nah, itu tadi 7 Tips Memilih Nama Domain yang bisa kamu coba terapkan untuk website kamu. Semoga artikel ini bermanfaat dalam membangun situs yang kamu idam-idamkan. Semoga sukses.  

Belum ada Komentar untuk "7 Tips Memilih Nama Domain"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel