Tips Mencari Expired Domain Berkualitas

Mencari Expired Domain Berkualitas - Banyak blogger lebih memilih merburu domain lama dengan memperbarui nama domain tersebut untuk perkembangan blog yang mereka miliki. Mengapa demikian? Ya, karena ada sebuah fakta yang cukup menarik terkait domain lama atau biasa disebut expired domain

Biasanya expired domain memiliki banyak backlink serta mempunyai authority yang baik. Karena dengan domain authority tersebutlah suatu website semakin mudah dalam menempati peringkat atas di Google. 

Bahkan para blogger dengan sengaja membeli beberapa expired domain untuk tujuan branding. Sampai disini sepertinya menarik bukan kalau kita memiliki domain lama? 

Mencari Expired Domain Berkualitas

Mencari Expired Domain Berkualitas

Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang Mencari Expired Domain Berkualitas dan sebelum kamu membeli domain yang sudah kadaluarsa tersebut, kamu patut mempertimbangkan banyak hal yang akan kita ulas dalam artikel ini. Jadi, baca artikel ini perlahan dan sampai selesai agar tidak gagal paham. 

Baca juga : 7 Kesalahan Blogger Pemula

Apa Expired Domain itu?

Penjelasan secara teknis dan sederhana, expired domain merupakan suatu domain yang sudah tidak diperbarui lagi oleh pemilik sebelumnya.

Mengapa domain bisa jadi expired? Alasannya adalah bisa jadi si pemilik domain tersebut sedang tidak memiliki uang untuk memperbaruinya, namun kebanyakan adalah karena faktor lupa. Sehingga domain tersebut jadi kadaluarsa

Namun, sebenarnya domain yang belum diperbarui tersebut masih diberikan masa tenggang waktu 30 hari. Nah, jika telah lewat dari 30 hari tersebut, maka domain dikatakan kadaluarsa. 

Setelah domain jadi kadaluarsa, akan diadakan penawaran atau lelang yang berlangsung selama 7 hari. Domain akan diberikan kepada pemilik barunya dengan penawaran harga yang lebih tinggi. Jika kamu mempunyai uang yang cukup untuk penawaran tertinggi itu, kamu bisa dengan sangat mudah untuk mendapatkan expired domain tersebut. Tidak hanya satu domain kadaluarsa yang bisa kamu dapatkan, dengan proses yang sama kamu bisa mendapatkan banyak expired domain sesuai dengan keinginan kamu. Nah, itu kurang lebih proses mencari expired domain berkualitas.

Apa Fungsi dari Expired Domain?

Expired Domain termasuk aset yang menarik dan bagus yang bisa kamu miliki karena bisa digunakan untuk pengembangan website. Lalu, apa saja sih fungsi dari expired domain ini? Simak beberapa fungsinya sebagai berikut : 

1. Moneysite

Expired domain yang bagus adalah yang memiliki Daomain Authority dan Backlink yang bagus pula, maka biasanya expired domain ini digunakan sebagai domain utama moneysite.

2. 301 Redirect/ Pengalihan

Expired domain yang bagus biasanya mempunyai banyak pengunjung yang mengaksesnya. Kamu bisa melakukan redirect atau pengalihan dari expired domain tersebut ke domain baru kamu. 

Sebagai contoh, jika kamu mempunyai expired domain abc.com dan kamu mempunyai domain baru xyz.com lalu kamu mengalihkan expired domain ke domain baru tersebut. Maka jika ada pengunjung ke domain abc.com maka akan secara otomatis mengarah ke domain xyz.com yang kamu miliki. 

3. Private Blog Network (PBN)

Metode ini merupakan cara licik, karena digunakan untuk mengelabui mesin pencari. Biasanya, para pakar SEO mempunyai PBN untuk ditanam backlink-backlink yang mengarah ke situs utama mereka. Dengan begitu, akan mendongkrak situs utama mereka.

Apa Saja Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Expired Domain?

Expired domain memanglah aset yang berharga dan memiliki fungsi yang bagus juga untuk situs baru kamu. Namun, selain nilai dan fungsi yang didapatkan, kamu juga harus mempertimbangkan beberapa poin berikut ini sebelum membelinya. Apa saja? Simak lagi yaa

1. Spam

Cek terlebih dahulu tingkat spam dari expired domain yang akan dibeli. Jangan sampai expired domain tersebut pernah digunakan untuk aktivitas spam oleh pemilik sebelumnya. Karena hal ini nantinya akan berpengaruh terhadap situs kamu.

Cek juga, apakah expired domain tersebut mengandung backlink spam didalamnya. Untuk memastikannya kamu bisa menggunakan tools Ahrefs, tools yang mempunyai database backlink terbesar di seluruh dunia.

Baca juga : Sumber Backlink Gratis dan Berkualitas

2. Domain Authority

Sebelum membeli expired domain Kamu harus mengetes Domain Authority (DA) yang dimiliki, apakah bagus atau belum. Minimal DA expired domain itu adalah 20. Jika belum, kamu harus meningkatkan skor DA yang dimiliki, jika sudah kamu tidak perlu meningkatkannya.

Namun yang perlu diingat adalah kalau kita hendak membeli expired domain, sebenarnya yang kita cari adalah nilai domain authority-nya. 

Baca juga : Cara Jitu Menaikkan Domain Authority (DA) Blog

Dimana Mencari Expired Domain Berkualitas?

Setelah kita ulas sedikit mengenai apa itu expired domain, fungsinya apa saja, dan pertimbangan apa saja sebelum kita membeli expired domain tersebut lalu dimana kita bisa mendapatkan expired domain

Kamu bisa mendapatkan daftar expired domain yang bisa kamu beli di situs expireddomains.net. Di situs tersebut kamu bisa memilih sepuasnya domain kadaluarsa yang akan kamu beli. 

Kesimpulan

Expired domain memang memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah untuk backlink ataupun redirect ke situs baru kita. Karena dengan backlink atau redirect dari expired domain, situs kita akan didongkrak naik nilai authority dan pengunjungnya. 

Semoga artikel tentang Mencari Expired Domain Berkualitas ini bisa membantu kamu dalam menentukan apakah akan membeli expired domain atau domain baru, dan juga dapat membantu kamu dalam memahami tentang expired domain itu sendiri. Semoga bermanfaat dan salam sukses. 

Belum ada Komentar untuk "Tips Mencari Expired Domain Berkualitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel